Monday, July 6, 2009

Museum Rokok Kretek Indonesia

Pertama kali museum rokok kretek di dirikan di Indonesia, museum ini terletak di kota Kudus, Jawa Tengah. Tujuan didirikan museum ini untuk menunjukkan bahwa perjalanan sejarah rokok kretek di Indonesia berkembang sangat pesat di tanah Jawa. Sampai sekarang ini industri rokok sudah mulai maju, begitu juga dengan memakai mesin yang modern. Tidak ketinggalan di pelosok desa masih banyak di jumpai orang - orang yang melinting rokok sendiri alias tingwe.

Kalau kamu pernah berkunjung di museum ini di dalamnya di jumpai tentang sejarah rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual atau tradisional sampai menggunakan perlengkapan teknolagi mesin yang canggih.

Museum rokok kretek adalah satu - satunya museum rokok di Indonesia. Disana juga akan menemukan para tokoh - tokoh yang telah berperan yang besar dalam memajukan industri rokok di Indonesia.
Bagunan museum dan lokasi gedung yang berdiri di atas areal 2 hektar ini sungguh terbilang sangat indah dan megah.
Bagunan gedung berarsitektur rumah adat Kudus dan surau khas Kudus.
Interior museum dipenuhi berbagai macam perlengkapan pembuatan rokok dan patung - patung. Patung - patung itu adalah hasil karya para seniman Kudus.

Letak lokasi museum ini tidak sulit untuk di jangkau, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.
Letak lokasi Kudus sebelah timur kota Semarang. Dari Semarang kira - kira 50 km ke arah timur dengan melintasi Kabupaten Demak dan lurus ke timur akan sampai ke kota Kudus.

No comments: