Thursday, July 2, 2009

Seputar Tembakau dan Rokok serta Bisnis didalamnya

Tembakau adalah sejenis tanaman herbal. Tanaman yang berasal dari Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejarah tembakau pada mulanya di gunakan oleh orang - orang asli Amerika untuk di gunakan perobatan. Sejarah mereka yang penuh mitos banyak dikaitkan dengan tanaman tembakau. Ajaran - ajaran kepercayaan mereka juga ada kaitannya dengan tumbuhan tembakau. Dimana asap tembakau dapat di percaya melindungi mereka dari mahluk halus yang jahat dan sebaliknya memudahkan mereka mendekatkan pada mahluk halus yang baik.

Jika Christoper Columbus pernah melintasi laut Atlantik untuk pertama kalinya pada tahun 1942, orang - orang asli Amerika yang bermukim di New World telah memberi hadiah berupa tembakau dan seabad setelah itu, merokok menjadi trend social, dan selanjutnya telah memberi manfaat ekonomi kepada para pengusaha di Amerika Serikat.

Tembakau adalah hasil pertanian yang di proses dari tumbuh - tumbuhan genus nicotiana yang sangat segar. Tembakau bisa didapat secara komersil dalam bentuk basah, kering maupun awet, dan sering di hisap (seperti rokok) dalam bentuk cerutu, rokok, tingwe(lintingan tangan/gulungan sendiri), atau dengan menggunakan pipa. Tembakau juga bisa di kunyah,"dicelup" (diletakkan antara pipi dengan gusi), dikulum, atau di hirup ke dalam hidung sebagai bahan hisapan dalam bentuk serbuk halus. TanamanTembakau mengandung zat alkoloid nikotin.

Sejarah Rokok Kretek
Riwayat rokok kretek bermula di Kabupaten Kudus. Menjadi dagangan memikat di tangan pengusaha. Sangat di sayangkan asal usulnya masih gelap. Menurut kisah para orang - orang asli Kudus, sejarah rokok kretek bermula dari penemuan Haji Djamari pada kurun waktu 1870
- 188 an. Awal mulanya penduduk asli Kudus ini sedang merasa sakit pada bagian dada. Ia lalu mengoleskan minyak cengkeh pada dadanya sehingga menyebabkan dadanya agak reda. Djamari lantas melakukan uji coba atau eksperimen merajang cengkeh dan mencampurnya dengan tanaman tembakau yang sudah dirajang untuk di linting menjadi sebatang rokok. Waktu itu melinting sudah menjadi kebiasaan kaum pria di Kudus. Djamari melakukan modifikasi dengan mencampur cengkeh, setelah rutin mengkomsumsi atau menghisap rokok ciptaannya Djamari merasakan sakitnya agak reda dan menghilang. Akhirnya djamari menawarkan penemuan ini kepada kerabat dan tetangganya. Berita ini menyebar dengan cepat seperti b6 waktu. Permintaan rokok obat inipun mengalir dengan cepat. Djamari melayani banyak order rokok cengkeh. Lantaran ketika dihisap, cengkeh yang terbakar mengeluarkan bunyi, "kemeretek...", maka rokok temuan Djamari ini di kenal dengan rokok kretek.
Awalnya rokok kretek ini dibungkus klobot atau daun jagung kering. Rokok kretek ini kian dikenal, namun tidak begitu dengan penemunya Djamari di ketahui meninggal pada tahun 1890. Siapa beliau dan asal usulnya hingga kini masih gelap.

Sepuluh tahun kemudian, penemuan Djamari menjadi dagangan memikat ditangan nitisemito, perintis industri rokok di kudus, bisnis rokok di mulai oleh nitisemito pada tahun 1906 dan pada tahun 1908 usaha resminya terdaftar dengan merek,"Tjap Bal Tiga". Bisa dikatakan langkah nitisemito itu menjadi tonggak tumbuhnya industri rokok kretek di Indonesia.

SEPUTAR TEMBAKAU DAN ROKOK SERTA BISNIS DIDALAMNYA

Kami adalah usahawan yang bergerak di bidang perdagangan tembakau, tembakau rokok(tingwe), produk lain : lem, papir, filter roof/busa filter rokok, alat cetak rokok, bahan baku tembakau rokok, ragam tembakau Indonesia serta produk - produk lainnya. Kami mengajak anda semua yang berkeinginan untuk berprofesi di bidang perdagangan tembakau. Atau ingin membutuhkan informasi seputar tembakau dan rokok tingwe. Kami melayani pembelian maupun penjualan tembakau dari skala kecil sampai besar. Kesempatan ini kami buka kepada masyarakat luas, untuk menjalin perdagangan yang terus berkembang.

Visi dan Misi
1. Menumbuhkan calon pemimpin di masa depan.
2. Mengakomodir kebutuhan masyarakat, karena tingginya biaya hidup sekarang ini.
3. Menciptakan lapangan kerja.

Prospek perdagangan tembakau kedepan masih bagus dan bisa bersaing dengan komoditi lainnya. Silahkan menghubungi kami untuk informasi dan pemesanan produk :

ADDRESS :

JL. Raya cilumuh Cimanggu Cilacap Jawa Tengah

EMAIL :

mawahib.fuadi@gmail.com

MOBILE :

+6285226976947


Kami menerapkan pendekatan profesional dalam pengembangan brand market. Pemahaman yang mendalam terhadap konsumen dan kondisi pasar merupakan landasan utama dalam menjalankan strategi bisnis.

1 comment: