Monday, July 6, 2009

Tanaman Klembak atau Kelembak

Tumbuhan klembak adalah tanaman penghasil bahan obat dan wangi - wangian. Bagian yang digunakan adalah akarnya. Akar klembak difungsikan sebagai bahan tambahan dalam rokok "klembak menyan". Sebelum digunakan sebagai bahan campuran rokok, biasanya akar klembak di keringkan dulu sehingga kadar airnya berkurang dan setelah betul - betul kering bisa di simpan hingga beberapa bulan itupun tergantung perawatan. Supaya hasil maksimal waktu panen di pilih yang sudah berumur sehingga citra rasa dan aromanya untuk di gunakan rokok bisa terasa mantap. Hingga kini orang - orang penikmat rokok klembak masih banyak terutama di Daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Di Daerah tersebut masih banyak ditemukan penikmat rokok klembak menyan. Terutama di pasar - pasar tradisional banyak pedagang rokok klembak menyan dan aneka tembakau.

Klembak juga dijadikan campuran dalam pembuatan jamu. Khasiat obatnya adalah sebagai laksatit (penenang). Dalam pengobatan Tionghoa, ia dinamakan yao yong da huang.

Tumbuhan klembak akar dan batangnya di pakai untuk mengobati sembelit (konstipasi), dan bisa membantu mengatasi penggumpalan darah atau nanah. Orang Indian Amerika Utara juga mengunakan sebagai bagian pengobatan herbal yang dinamakan essiac tea. Klembak di ketahui mengandung bahan yang aktif dalam pengobatan Hepatitis B.

Tanaman klembak menyukai daerah berhawa dingin. Tempat penanamanya adalah di Daratan Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Klembak (dalam Bahasa Inggris di kenal sebagai "chinese rhubarb") berkerabat dengan rhubarb, yang juga merupakan tumbuhan obat dari Eropa.

Bila anda membutuhkan Klembak yang sudah di keringkan, silahkan menghubungi kami.

1 comment:

Unknown said...

mohon maaf, kalau mau order kemenyan harganya berapa per kg?
mohon penjelasannya, saya khusus menanyakn kemenyan kwalitas baik.